Monday, June 20, 2011

Pemanfaatan BGI Dalam Bidang Bangunan

Pemanfaatan  BGI Dalam Bidang Bangunan
-       Perlit ( SiO2 )
ü  Perlit terbentuk bersamaan dengan tuff  yaitu pada pertengahan gunung berapi.
ü  Kandungan perlit  : SiO2 , Al2O3 , TiO , Ko2 .
ü  Perlit memiliki sifat yang ketika dipanaskan akan mengembang sampai 20x volume aslinya.
ü  Kegunaan atau menfaat perlit , yaitu :
1.      Beton ringan
Beton ringan cocok dipakai untuk gedung atau gedung pencakar langit karena selain ringan juga mampu menahan panas. Perlit dapat  digunakan sebagai beton ringan yang biasanya dicampur dengan air dan semen portland atau bitumen (cairan yang belum sampai pada derajat). Hasilnya dapat digunakan sebagai langit – langit bangunan, pengisi lantai, untuk sistem dinding pembatas khususnya kesemua ini diperuntukkan untuk bangunan yang bertingkat. Berat jenis (BJ) sebelum dipanaskan = 1 – 2,5 tetapi jika dipanaskan menjadi  BJ = 0,11 – 0,30.
2.      Plester
Perlit digunakan untuk konstruksi beton tahan api yang juga digunakan untuk langit – langit. Plester ini berfungsi sebagai penghambat panas, setelah itu akan mengeluarkan uap air. 60% plester ini lebih ringan dari plester pasir dengan tahan panas 4x lebih baik.
3.      Isolator / penghambat panas
Perlit dapat digunakan sebagai isolator pada temperatur tinggi, misalnya pada pengecoran logam atau besi. Perlit digunakan sebagai lapisan pada permukaan cetakan dengan maksud untuk mencegah panas yang hilang selama proses pengecoransehingga tidak terjadi perlapisan – perlapisan. Sebagai isolator temperatur rendah digunakan untuk keperluan penyimpanan cairan atau gas yang memiliki titik didih yang rendah sebab salah satu sifat perlit adalah dapat menahan dan menyerap panas dan non higroscopis (tidak menyerap air).



-       Diatomea ( SiO2 )
ü  Kegunaan atau manfaat diatomea, yaitu :
1.      Beton ringan
Diatomea dapat digunakan sebagai beton ringan yang berfungsi dalam bentuk bata ringan atau wall board (dinding pembatas) pada bangunan tinggi, dengan berat jenis 0,45.
2.      Isolator / penghambat panas
Diatomea (SiO2) memiliki sifat yang ringan dengan bahan perekat tertentu dapat dicetak dan digunakan sebagai pipa untuk gas ataupun cairan yang menghasilkan panas. Lempung (clay) digunakan sebagai perekat yang akan dicampur dengan diatomea.
-       Gypsum
ü  Kegunaan atau manfaat gypsum, yaitu :
o   Plester
Gypsum memiliki 2 jenis yaitu jenis anhidrit (CaSO4 + 2H2O) dan hemihidrat (CaSO4 + ½ H2O).
Gypsum anhidrit bila dicampurkan dengan air dapat dijadikan sebagai plester yang dapat melindungi barang – barang dari suhu tinggi.
-       Dolomite (Mg CO3 )
ü  Kegunaan atau manfaat dolomite, yaitu :
o   Isolator / penghambat panas
§  Magnesia brig menggunakan dolomite biasanya digunakan pada tanur/ dapur peleburan.
§  Dolomite dapat digunakan  sebagai Dead Burned Dolomite, dengan syarat MgCO3 sebesar 35% sebagai dinding pada tanur, caranya batuan dolomite dibakar sehingga tidak aktif lagi secara kimia.
Zeolit mempunyai kegunaan bermacam ragam, seperti pemantap tanah dibidang pertanian, penjernih air, penjernih limbah, pakan ternak, dll. Untuk lebih jelas pemanfaatan zeolit adalah sebagai berikut:
1.      Bidang pertanian dan perkebunan

Berdasarkan kepada Kapasitas Pertukaran Kation dan retensivitas terhadap air yang tinggi, zeolit sekarang ini telah banyak digunakan untuk memperbaiki sifat” tanah, terutama tanah yang banyak mengandung pasir (kandungan lempung sedikit) dan tanah podzolik. Fungsi zeolit disini adalah sebagai bahan pemantap tanah (soil conditioner) , yaitu sebagai pembawah pupuk (fertilizer carrier), pengontrol pelepasan ion NH4+ dan K+ (slow release fertilizer), dan sebagai pengontrol cadangan air.
2.       Bidang Peternakan
Dalam bidang ini , zeolit telah digunakan secara komersial , terutama di negara-negara Eropa dan Jepang. Di Indonesia Zeolit telah digunakan sebagai imbuh makanan ternak domba dan sapi hingga sekarang ini masih dalam tahap penelitian. Penggunaan Zeolit dalam bidang peternakan didasarkan kepada dua sifat zeolit yang penting, yaitu:
-Kapasitas pengikat ion NH4+ yang berasal dari ammonia sangat besar ,
-Afinitas zeolit terhadap ion-ion yang bersifat racun.

3.       Bidang Perikanan
Zeolit disini berfungsi sebagai pengontrol kandungan ion NH4+ didalam air. Pada umumnya ion ini berasal dari kotoran ikan dan sisa-sisa makanan yang telah membusuk. Dengan pemberian zeolit, pada ruangan yang sama jumlah ikan yang dapat dipelihara lebih banyak. Sebagai contoh , ikan salmon sekitar 30.000 ekor dapat dipelihara dalam suatu kobongan disungai yang kandungan ion NH4+ tetap terkontrol pada 0,05 ppm dengan pemberian Zeolit setiap 6 – 8 hari.

4.      Pemanfaatan Zeolit dalam bidang Tambak udang
Tambak yang memakai zeolit memberikan hasil nilai kelangsungan hidup udang yang jauh lebih baik dari pada yang tidak memakai zeolit. Tambak yang tidak memakai zeolit mempunyai nilai kelangsungan hidup hanya 32,9 % , sedangkan tambak yang memakai zeolit 12 ppm mempunyai nilai 90,1% dan tambak yang memakai zeolit yang disesuaikan dengan pertumbuhan berat badan udang , mempunyai nilai kelangsungan hidup 78,3%.
5.       Bidang pengolahan air
Tahapan proses pengolahan air meliputi proses netralisasi , flokulasi /koagulasi, sedimentasi , dan filtrasi. Dalam pengolahan air , zeolit digunakan dalam tahap tersier , yakni untuk mengolah air yang sudah jernih dengan kandungan logam berat yang tidak terlalu tinggi.
6.      Bidang pengolahan limbah
Zeolit yang telah diaktifkan mampu meredam / menurunkan kandungan logam Fe , Mn, Zn, dan Pb yang terdapat dalam air tanah . Selain itu juga mampu menurunkan kandungan amoniak dalam air buangan.
7.      Pembuatan Panel Surya
Seperti kita ketahui bersama kebutuhan listrik national semakin meningkat dari tahun ketahun Berbagai sumberdaya energi yang dimiliki Indonesia telah dan akan terus dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut. Zeolit dengan kemampuan adsorbsi yang dimilikinya (terhadap H2O dan gas lainnya), dapat digunakan sebagai bagian (adsorben) dari panel surya tersebut. Salah satu pemanfaatan yang menarik dari itu adalah panel surya untuk lemari pendingin, yang akan sangat berguna bagi negara tropis seperti Indonesia
8.       Penundaan pemasakkan buah-buahan
Zeolit jenis modernit, klinoptilotit, dan analsim adalah jenis zeolit alam yang lazim terdapat di Indonesia. Ketiga jenis zeolit alam tersebut sedang dipelajari

PROSPEK MINERAL ZEOLIT DI BIDANG PERTANIAN
Suwardi (1998)
Meskipun mineral zeolit telah dikenal luas di luar negeri sejak tahun 50-an, di Indonesia baru mulai dikenal mulai tahun 80-an setelah diteliti oleh Pusat Penelitian Teknologi Mineral. Sebelumnya zeolit hanya dikenal sebagai batu tempel berwarna kehijauan untuk hiasan dinding yang ditempel pada tembok. Dengan makin banyaknya penelitian tentang pemanfaatan zeolit untuk berbagai keperluan, lambat-laun zeolit mulai populer di masyarakat termasuk di pedesaan. Pemanfaatan zeolit didasarkan atas sifat-sifat yang dimilikinya. Pada mulanya, zeolit digunakan sebagai bahan industri, seperti: bahan pengisi industri kertas, bahan penukar ion pada proses penjernihan air, bahan pemisah nitrogen dan oksigen, katalisator pada pemurnian minyak, adsorben tahan asam pada pengeringan dan sebagai bahan bangunan.Bersamaan dengan itu, penggunaan zeolit untuk imbuhan pakan ternak dan penjernih pada tambak udang dan kolam ikan. Di luar negeri, zeolit telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, baik sebagai bahan industri, untuk meningkatkan hasil pertanian, maupun untuk perlindungan lingkungan. Di bidang pertanian, zeolit dapat diberikan langsung ke lahan-lahan pertanian bersama bahan lain; dibuat media untuk tanaman hortikultura; dicampurkan dengan pupuk kandang sewaktu proses pengkomposan; dicampurkan dengan pupuk urea sebagai pupuk penyedia lambat; dan lain-lain. Di Indonesia jumlah pabrik pengolahan zeolit masih sedikit dan umumnya belum mendiversifikasi produk kecuali dalam bentuk serbuk dan butiran. Namun demikian akhir-akhir ini banyak pengusaha yang tertarik untuk mengolah zeolit untuk berbagai kegunaan baik untuk bidang industri, pertanian, dan perlindungan lingkungan. Yang paling penting dari produksi zeolit adalah bagaimana dapat memproduksi zeolit yang berkualitas tinggi. Di bidang pertanian, zeolit mempunyai prospek yang cerah sebagai (1) bahan ameliorasi untuk tanah yang mempunyai kapasitas tukar kation (KTK) rendah, (2) bahan campuran pupuk, khususnya nitrogen dan fosfor, (3) bahan media tumbuh tanaman hortikultura dan perkebunan, (4) bahan untuk meningkatkan kualitas kompos, (5) bahan penjernih air pada tambak ikan, (6) bahan campuran pakan ternak


No comments:

Post a Comment